- Anggap brand sebagai manusia
Brand adalah logo, nama, desain, istilah, atau fitur lainnya yang digunakan perusahaan-perusahaan untuk membedakan produk atau layanan mereka dari yang lainnya. Untuk mudahnya, anggap brand sebagai manusia; sama seperti manusia, Anda mengidentifikasi brand dari namanya, seperti Starbucks, Tesla, dan Aqua. Logo hanya lah wajah dari brand; jadi, masih banyak “bagian-bagian tubuh” lain yang saling melengkapi untuk mewujudkan sebuah brand. Setiap “bagian tubuh” tersebut memiliki peran-perannya sendiri; seperti esensi brand, pesan brand, kepribadian brand, warna brand, dan identitas brand memiliki tugasnya masing-masing.
- Branding = Representasi Visual
Elemen-elemen di atas nantinya akan membentuk branding. Secara garis besar, branding adalah pengalaman orang-orang ketika mereka berinteraksi dengan brand Anda. Sederhananya, branding adalah representasi visual bisnis Anda. Semua orang tahu bahwa lengkungan emas adalah milik McDonald’s dan swoosh identik dengan Nike.
Namun jika kita berbicara detail, branding adalah kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk mempromosikan, mempertahankan, atau memperkuat sebuah brand. Selain itu, tujuan lain branding adalah mengenalkan brand Anda ke pasaran atau memantapkan posisi Anda di pasar.
- Membedakan Anda dengan Lainnya
Branding adalah hal yang diperlukan semua orang, baik perusahaan maupun individu. Diperlukan karena branding adalah hal yang membedakan Anda dari kompetitor atau peers Anda. Branding yang baik meninggalkan kesan membekas di benak konsumen atau klien, sehingga brand Anda diingat secara otomatis. Branding yang bagus membuat orang lain paham apa yang mereka bisa harapkan dari brand Anda, seperti misalnya produk berkualitas baik namun harganya sangat terjangkau. Selain itu, branding adalah penentu posisi Anda di pasaran. Seperti yang sudah sempat disebutkan sebelumnya, elemen-elemen branding ini bersinergi dan bekerja sama untuk mendukung dan membangun sebuah brand yang utuh dan komplit.
Branding adalah hal yang terdengar sederhana, namun sebenarnya rumit. Ada prinsip-prinsip yang harus diterapkan agar branding perusahaan Anda unggul dibandingkan yang lainnya. Kenali prinsip-prinsip dasarnya di artikel ini.
- Branding Bagus adalah Faktor Kunci Kesuksesan Bisnis Anda
Saat ini, kita hidup di zaman visual, di mana semua desain memiliki peran yang sangat signifikan dan dapat membuat perbedaan. Sebuah penelitian menemukan bahwa otak manusia memproses gambar 60,000 kali lebih cepat dari teks/tulisan. Jadi, rasanya tidak berlebihan jika kami mengatakan bahwa branding adalah salah satu kunci kesuksesan dan keberlangsungan bisnis Anda.
Sekarang, banyak sekali konsumen yang membeli barang hanya berdasarkan desain dan tampilan produknya. Marketplace Indonesia dikuasai oleh generasi milenial dan Gen Z yang menganggap penampilan itu penting, baik penampilan mereka sendiri, maupun produk yang mereka gunakan. Sehingga desain atau tampilan produk adalah salah satu faktor penentu saat berbelanja. Maka, mereka memiliki kecenderungan untuk membeli produk-produk yang didesain dengan baik dan seksama. Secara tidak sadar, konsumen memiliki asumsi bahwa produk dengan desain bagus memiliki kredibilitas yang lebih baik dibandingkan produk lainnya, ada indikasi bahwa brand tersebut lebih niat dan memahami konsumennya. Hal-hal ini mendukung fakta bahwa branding adalah pembentuk persepsi masyarakat umum atas kualitas produk atau layanan Anda.
Selain itu, seringkali manusia hanya melihat apa yang mereka mau lihat, jadi saat brand atau desain Anda sudah menempel di benak konsumen, tanpa sadar mereka akan mengingat dan bahkan mengenali brand Anda dari kejauhan, tanpa memperhatikan brand lain, karena mereka hanya berfokus pada brand Anda.
- Branding Bagus vs. Branding Buruk
Branding adalah koin dua sisi, ada branding bagus dan branding buruk. Jika, branding perusahaan Anda buruk, maka orang-orang dapat memiliki kesan yang negatif akan brand atau perusahaan Anda. Gawatnya lagi, branding buruk juga dapat menjadi bahan tertawaan netizen.
Branding adalah perjalanan yang berliku, dalam menjalaninya kita harus berhati-hati, karena ada beberapa kesalahan yang umum ditemukan di branding. Kesalahan pada branding bisa terjadi pada siapa saja, termasuk brand besar sekalipun. Maka, Anda harus melihat brand Anda dari semua sudut, secara eksplisit dan implisit, karena jika kita berbicara branding, satu langkah yang salah dapat mengakhiri bisnis Anda.
Branding bagus adalah branding yang dapat mewakili nilai-nilai, visi, misi perusahaan, serta pesan yang Anda ingin sampaikan ke konsumen. Seperti setiap tulang di badan kita, setiap elemen dari sebuah brand memiliki peran dan maknanya masing-masing dalam menjadikan brand Anda unggul di pasaran. Selain itu, branding yang baik dapat bertahan lama, tidak perlu terus-menerus diperbarui demi mengikuti tren yang selalu berubah-ubah.
Branding adalah hal yang harus dimiliki setiap brand, karena itu adalah identitas utama yang dilihat oleh publik. Branding yang baik setidaknya memiliki enam ciri-ciri, pastikan brand Anda memiliki ciri-ciri tersebut agar menonjol di pasaran namun tetap bermakana.
- Kenapa Anda Harus Memercayai Konsultan Branding
Sekarang, Anda sudah memiliki pemahaman dasar mengenai branding, selanjutnya muncul pertanyaan, “Bagaimana membuat brand saya menjadi hebat?”
Ada pepatah yang mengatakan, serahkan pada ahlinya. Hal yang sama juga dapat diterapkan pada branding, branding adalah hal yang sebaiknya diserahkan pada ahlinya, yaitu konsultan branding, untuk membuat branding bagus, berkesan, dan tahan lama. Setiap harinya, konsultan branding bekerja dengan sejumlah brand, jadi kami, sebagai konsultan branding, tahu persis apa yang harus kami lakukan agar brand Anda unggul di pasaran dan meninggalkan kesan yang positif.
Konsultan branding telah mengerjakan dan menangani ratusan klien dari berbagai industri, jadi konsultan branding memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam di bidang branding. Berbekal analisis dan strategi yang tepat, konsultan branding dapat mengubah bisnis rumahan menjadi brand ternama dengan pangsa pasar yang luas. Ketika klien berkonsultasi dengan konsultan branding, klien hanya perlu menceritakan segala sesuatu mengenai perusahaannya kepada konsultan. Kemudian, konsultan branding akan menganalisa titik kelemahannya dan menyusun strategi untuk mengatasinya sehingga nantinya konsumen Anda memiliki pengalaman brand yang positif ketika berinteraksi dengan brand Anda.
- Konsultan Branding yang Berpengalaman dan Terpercaya
Di Dingklik Design Studios, setiap proyek branding didesain dengan seksama untuk menyesuaikan dengan klien sambil tetap menyampaikan esensi dan pesan brand melalui branding yang bagus. Proyek-proyek branding kami dapat dilihat di sini.
Komentar
Posting Komentar