Lebih dari sekadar sekumpulan huruf, warna, dan elemen grafis saja, logo berfungsi sebagai citra atau identitas dari sebuah perusahaan. Karena itu, desain logo yang efektif sangat dibutuhkan dalam mendongkrak proses branding dari suatu merek dagang. Nah, berikut ini daftar 5 logo termahal yang pernah dibayarkan oleh suatu perusahaan. Mari disimak!
Symantec — USD 1.280.000.000 (Rp18,4 T)
Symantec diketahui membayar hingga USD 1.280.000.000 atau setara Rp18,4 T untuk logo dan branding yang mereka lakukan. Meski angkanya sangat fantastis, perusahaan tersebut malah dikatakan beruntung karena dapat memasukkan logo centang terkenal VeriSign (tanda otentikasi sertifikat keamanan) ke dalam logo baru mereka.
British Petroleum — USD 210.000.000 (Rp3 T)
Logo termahal kedua dimiliki oleh British Petroleum. Desain logo baru tersebut dirilis pada tahun 2000, yang menampilkan nuansa hijau dan kuning. Pemilihan warna itu pun disebut mewakili dedikasi perusahaan untuk menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.
Accenture — USD 100.000.000 (Rp1,4 T)
Logo baru Accenture ditulis dalam huruf kecil dan diberi tanda aksen di atasnya. Untuk desain logo tersebut, perusahaan bahkan harus membayar hingga USD 100.000.000 atau sekitar Rp1,4 T. Kata Accenture sendiri merupakan kependekan dari frasa Accent of the Future.
Pepsi — USD 1.000.000 (Rp14 M)
Walau terlihat tidak terlalu berbeda dari logo lamanya, Pepsi harus membayar hingga USD 1000.000 (atau Rp14 M) untuk desain ini. Dibandingkan logo lamanya, desain ini lebih menonjolkan warna merah dan menampilkan distribusi warna yang berbeda. Pembuatan logo tersebut juga menjadi upaya Pepsi dalam “menantang” Coca-Cola, yang masih menjadi merek minuman soda paling populer di dunia.
BBC — USD 1.800.000 (Rp25 M)
Menjadi salah satu logo termahal di dunia, BBC merogoh kocek hingga Rp25 M untuk mendapatkan desain ini. Namun pada dasarnya, BBC memiliki beberapa variasi logo yang kerap digunakannya dalam kampanye pemasaran mereka. Akan tetapi, desain logo yang menampilkan kombinasi huruf balok putih dengan background gelap inilah yang paling umum dikenali publik.
Demikian daftar 5 logo termahal yang pernah ada dalam sejarah branding. Terlepas dari harganya yang sangat fantastis, logo, bagaimanapun, masih menjadi cara terbaik dalam membentuk identitas suatu merek bisnis—karena bisa membantu orang untuk mengidentifikasi sebuah brand dengan lebih mudah. Untuk itu kami Dingklik Design Studios selaku brand consultant akan membantu dalam membentuk brand anda ke arah yang lebih baik dan yang paling penting adalah dengan harga yang tidak semahal brand-brand yang telah kami jelaskan di atas, namun kualitas yang bisa diadu tentunya. Info lebih lanjut yuk coba intip website kami di sini
Komentar
Posting Komentar