Booth Stand Pameran (Basic)


Berbicara mengenai pameran pasti terbayang ruangan yang besar dan ramai pengunjung, serta terdapat banyak perusahaan yang akan mengikutinya. Pameran (Exhibition) menjadi salah satu alternatif tambahan untuk memperkenalkan, serta memasarkan produk dan bisnis ke konsumen.
 Mengikuti sebuah pameran pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu sangat diperlukan strategi yang matang dalam membuat stand pameran lebih menarik sehingga banyak pengunjung yang mau mampir untuk sekedar bertanya-tanya atau malah menjadi konsumen bisnis Anda.

Berikut ini tips penting untuk membuat booth atau stand pameran menjadi ramai pengunjung.

Lokasi Pameran
Mengetahui lokasi pameran sangat penting, karena dengan mengetahui lokasi pameran Anda juga pasti akan mengetahui sektor area, gedung yang digunakan, fasilitas serta pengunjung yang datang nantinya. Anda pun menjadi tahu persiapan apa saja yang diperlukan sebelum mengikuti pameran nantinya. Apalagi jika pameran tersebut dilaksanakan diluar gedung atau outdoor, Anda pun harus menyesuaikan keadaan booth pameran Anda tersebut. Umumnya untuk outdoor adalah pameran makanan dan minuman, seni budaya, peralatan outdoor dan lainnya.

2. Lokasi Booth
Memang lokasi menentukan prestasi dan hal itu juga terjadi di setiap pameran. Umumnya area yang terbaik adalah area pintu masuk dan keluar, area tengah serta area di dekat panggung. Namun harga sewanya pun lebih mahal daripada area lainnya. Anda dapat mencari area alternatif lain yang sesuai dengan budget untuk pameran.

3. Profil Penyelenggara Pameran
Dengan memperhatikan profil dari penyelenggara pameran akan membuat Anda mengetahui track record penyelenggara pameran yang akan Anda ikuti. Sebaiknya mengikuti acara pameran yang diselenggarakan oleh penyelenggara pameran yang memang profesional dibidangnya.

Cara mudahnya yaitu dengan mencari informasi pameran yang dulu pernah berlangsung apakah sukses berjalan dengan lancar atau tidak.

Tema Pameran
Perhatikan juga tema dari pameran yang akan berlangsung, apakah sesuai dengan bisnis Anda atau tidak. Acara pameran yang memiliki tema tersendiri biasanya seperti Pameran Otomotif IIMS / GIIAS, International Wedding Festival, Pameran Wisata, Pameran Seni, Pameran IT, Pameran Buku, Pameran Game, INACRAFT, Pameran Material dan Teknologi, Pameran Modifikasi, Pameran Pendidikan, TOYS & COMICS FAIR, Pameran Islamic Tourism Expo, dll. Sedangkan Pameran yang memiliki tema umum adalah seperti Pekan Raya Indonesia, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jakarta Fair Kemayoran (JFK) dll.

Tema Booth
Berbicara mengenai bisnis pastinya setiap bisnis memiliki tema tersendiri. Dengan menjalankan tema pada booth pameran nantinya akan membuat pengunjung menjadi lebih tertarik mengunjungi booth Anda, dikarenakan booth pameran Anda memiliki suasana yang sesuai dengan produk / brand yang ditawarkan.

Contohnya bila produk bisnis Anda adalah peralatan pendaki gunung, maka tema booth pastinya akan menampilkan suasana alam atau petualangan. Tema booth bisa juga dijalankan untuk berbagai produk bisnis lainnya seperti otomotif, gadget, Air Conditioner, Console Games, Spare Part, alat rumah tangga, mesin, alat berat dan lain sebagainya.

Mengenali Pengunjung
Dengan mengetahui lokasi serta tema pameran, maka secara tidak langsung Anda juga akan mengetahui siapa saja yang akan menjadi calon pengunjung pada acara pameran tersebut. Sebaiknya memilih acara pameran dengan pengunjung yang sesuai dengan target bisnis Anda. Jangan sampai malah Anda mendapatkan kegagalan karena salah target. Seperti produk bisnis Anda yang lebih cocok untuk konsumen menengah keatas, ternyata yang berkunjung ke pameran adalah sektor menengah kebawah. Hal ini pasti akan membuat booth pameran Anda akan menjadi sepi pengunjung.

Desain Booth / Stand Pameran
Desain Booth atau Stand  Pameran menjadi faktor yang sangat penting karena akan menentukan ramai tidaknya para pengunjung yang akan mampir ke booth kita. Anda dapat menggunakan berbagai elemen penting dalam men-desain booth yaitu seperti mengatur penataan cahaya, menentukan warna dan material, menggunakan tema, menata display produk, melakukan penambahan display visual, menambah SPG dan menampilkan promo yang dijalankan.

Berikut adalah elemen – elemen penting yang harus anda perhatikan untuk membuat pameran Anda lebih atraktif :

Penataan Cahaya
Penataan cahaya yang baik dan benar pada booth mampu meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk melewati dan mengunjungi booth pameran Anda. Dengan menggunakan penerangan yang baik membuat area pameran Anda menjadi lebih menonjol dibanding booth lainnya. Dengan pencahayaan membuat semua produk, banner, serta area booth terlihat jelas walaupun pengunjung berada pada jarak yang jauh.

Pencahaayaan memiliki dua fungsi, yakni sebagai sumber cahaya dan sebagai elemen estetika. Pencahayaan yang tepat dalam sebuah booth pameran akan dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pengunjung. Pastikan bahwa sistematika gambar dan tulisan di booth Anda jelas serta didukung dengan pencahayaan yang terang agar meningkatkan tampilan yang berkualitas.

Pencahayaan (lighting system) pada stand pameran dapat dibedakan menjadi :

General Lighting
General lighting atau yang biasa disebut pencahayaan utama merupakan pencahayaan yang memiliki fungsi sebagai sumber penerangan utama. Lokasi pencahayaan utama ini dapat diletakkan di bagian tengah stand atau jika stand luas, dapat ditempatkan di beberapa titik secara simetris dan merata. Tujuan dari penggunaan general lighting adalah untuk menghasilkan cahaya yang terang dan merata. Jenis lampu yang digunakan umumnya adalah lampu TL atau Downlight. Selain itu general lighting juga dapat menggunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) yang tidak menunjukkan lampu secara langsung, tetapi hanya memanfaatkan bias cahayanya saja. Umumnya indirect lighting menggunakan lampu berwarna kuning sehingga bias cahayanya tidak menyilaukan mata dan menimbulkan kesan akrab dan menenangkan

Task Lighting
Task lighting merupakan pencahayaan yang difokuskan pada area tertentu. Selain digunakan untuk penegas fungsi, task lighting juga digunakan sebagai penegas titik tertentu. Task lighting dapat ditempatkan di rak pameran atau area yang berbeda dengan area utama.

Accent Lighting
Pemasangan aksen pencahayaan umumnya berfungsi untuk menyorot benda seni atau benda yang ingin dijadikan fokus agar lebih terlihat. Penggunaan cahaya spotlight sangat umum digunakan sebagai accent lighting. Selain itu jenis wall lamp juga dapat digunakan untuk menghasilkan aksen cahaya pada stand. Jenis pencahayaan ini dapat digunakan untuk menyorot logo perusahaan atau produk yang dipajang pada booth.

Warna dan Material yang Menarik
Warna merupakan elemen penting yang menentukan karakter dan identitas dari bisnis Anda, Warna juga akan menentukan tampilan visual stand Anda menjadi terlihat menarik atau tidak. Lebih penting lagi warna memiliki kemampuan untuk menentukan suasana, karena setiap warna memiliki efek psikologi yang berbeda.

Merah : merupakan warna yang intens dan sangat menarik minat banyak pengunjung. warna merah identik dengan pusat perhatian dan energy yang besar.
Jingga, menimbulkan rasa keberanian dan kegembiraan. Jingga identik dengan kebahagiaan hidup dan daya tahan.

Kuning : dapat menimbulkan efek ceria, bahagia, energi dan kekuatan mental. Kuning identik dengan cahaya, rasa positif, kreativitas dan motivasi.

Hijau : merupakan warna yang melambangkan pertumbuhan dan kesahajaan. Hijau identik dengan alam, kejujuran, kesehatan dan gengsi (prestige).

Biru : adalah warna yang umum digunakan untuk merk dagang dan perusahaan. Warna biru identik dengan kepercayaan, sesuatu yang dapat diandalkan, tanggung jawab dan rasa tenang.

Ungu : sering dikaitkan dengan kreatifitas dan kemewahan, seperti halnya bangsa Romawi yang selalu mengagungkan warna ungu. Ungu identik dengan kecanggihan, loyalitas, kenangan indah dan misteri.

Coklat : merupakan warna yang menunjukkan kesederhanaan, bersahaja dan menenangkan. Warna coklat identik dengan alam dan kesederhanaan.

Putih : merupakan warna yang mewakili kebersihan, kemurnian dan awal yang baru. Warna putih identik dengan kelembutan dan kesempurnaan.

Hitam : yang menunjukkan kekuatan dan otoritas merupakan warna yang formal, elegan dan berkelas. Warna hitam identik dengan nilai, kelas, klasik dan canggih.

Material pendukung desain booth dapat berupa kain atau bahan laminasi sebagai tempat untuk meletakkan grafis berupa gambar atau lukisan. Bahan kain dapat membuat grafis terlihat lebih jelas karena didukung dengan daya tariknya (stretch), sehingga mudah direnggangkan, dibentuk ataupun dimanipulasi. Sedangkan untuk bahan laminasi (vynil) dapat menimbulkan kesan glossy, cerah dan ringan. Namun untuk bahan laminasi, perlu dipertimbangkan kembali penggunaan grafis berupa tulisan tebal dengan jarak pandang yang pendek. Selain itu, material pendukung lain yang dapat digunakan dapat berupa material yang memiliki motif alami atau motif buatan yang tampak alami. Seperti misalnya motif kayu, marmer hingga batuan alam yang dapat diaplikasikan di lantai, dinding atau elemen lain pada booth.

Elemen Unik Penarik Perhatian :
Point of interest atau elemen unik yang biasa disebut focal point, tidak hanya terdapat pada desain arsitektur, interior maupun fotografi,  focal point juga diperlukan pada perancangan desain booth pameran. Elemen unik pada stand yang baik adalah elemen yang memiliki titik fokus kuat untuk menggiring mata pengunjung secara alami untuk memperhatikan booth pameran secara keseluruhan. Hal yang perlu diingat dalam menentukan focal point adalah tujuan Anda untuk menyampaikan info produk penjualan.

Kata atau Kalimat yang Memikat
Dalam menentukan grafis tulisan yang memikat pada stand pameran membutuhkan kecerdasan pemilihan kata dan penggunan desain tulisan, baik jenis font maupun ukuran. Sebelum menentukan grafis tulisan, ada baiknya Anda mencari referensi kata dari beberapa iklan minimal 10 jenis iklan berbeda. Kalimat yang disarankan untuk dipasang pada stand adalah kalimat yang terdiri dari maksimum 10 kata, kalau bisa kurang dari itu. Karena jika lebih dari sepuluh kata, dapat menimbulkan efek tidak jelas terbaca dan kesempatan 3 detik pertama menarik perhatian pengunjung akan hilang dengan sia-sia.

Penggunaan Teknologi :
Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, desain pameran dapat dikolaborasikan dengan penggunaan fitur audio visual canggih. Penggunaan smartphone, LED, layar LCD, gambar virtual hingga reality display sangat memungkinkan digunakan. Apalagi jika produk yang Anda jual berbasis teknologi, didukung dengan infografis yang tepat, hal ini akan dapat dengan mudah dilaksanakan dan menambah value perusahaan Anda.

Display Produk :
Untuk display produk sebaiknya tidak terlalu banyak dan hanya menonjolkan produk utama / terbaru. Usahakan agar penempatan produk dapat terlihat jelas oleh para pengunjung. Apabila produk yang ditawarkan adalah Gadget, maka sebaiknya memberikan area display produk yang dapat memudahkan pengunjung untuk mencoba produk tersebut. Gunakanlah etalase kaca dengan pencahayaan LED untuk membuat produk menjadi mudah terlihat.

Dengan begitu pengunjung dapat langsung mengetahui produk yang ditawarkan dengan mengoperasikannya langsung. Saat pengunjung mencoba produk, maka sebaiknya para SPG mulai membantu menjelaskan dan menjawab setiap pertanyaan pengunjung. Hal ini mampu meningkatkan ketertarikan pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan.

Penataan Display Visual
Penataan display visual pada booth pameran dapat menggunakan display X Banner / Y Banner / Roll Up Banner, Mini X Banner, Magnetic Backdrop, Brosur, Kartu Nama dan Info Produk di Acrylic. Penggunaan display cetak seperti ini sebaiknya juga diselaraskan dengan tema booth nantinya.

Penggunaan warna, informasi promo, pengenalan produk terbaru dan informasi penting lainnya dapat dibuat kedalam display yang telah disebutkan diatas. Hal ini mampu membuat pengunjung dari jauh pun dapat melihat brand, produk, promo yang sedang ditawarkan di booth bisnis Anda.



Komentar